Mengapa kita perlu belajar Manajemen Operasi?

This entry is part 3 of 3 in the series Pengantar

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya mengapa manajemen operasi perlu dipelajari secara khusus? bukankah dengan berjalannya perusahaan atau organisasi, kita akan mendapatkan pengalaman dan dari sana akan muncul ide-ide untuk memperbaiki? Teorinya bisa demikian, tetapi prakteknya sulit sekali untuk memperbaiki kalau kita tidak memahami ilmunya. Apalagi kalau sudah terjebak dengan rutinitas kerja. Jadi memang sebaiknya pengetahuan dan skill seputar manajemen operasi ini dipelajari secara khusus.

Ada beberapa alasan lainnya yang bisa menjadi dasar mengapa kita perlu belajar manajemen operasi, diantaranya:
1. Manajemen Operasi memberikan cara pandang yang sistematik dalam melihat proses-proses dalam organisasi. Jika hal ini sudah menjadi isu biasa dalam industri manufaktur, tidak demikian dalam industri jasa. Pemahaman tentang bagaimana mengelola operasi dengan pendekatan modern ini akan memudahkan kita menganalisis dan memperbaiki sistem dalam perusahaan atau organisasi
2. Konsep dan tools dalam manajemen operasi pada dasarnya dapat dan banyak diterapkan pada fungsi manajemen yang lain. mengapa demikian? karena setiap fungsi manajemen juga melibatkan proses dalam pekerjaannya.
3. Bidang manajemen operasi pun belakangan ini menawarkan karir yang cukup menantang seperti fungsi manajemen lainnya. Di banyak perusahaan sudah biasa kita jumpai jabatan manajer operasi, bahkan sampai direktur operasi.
4. Terakhir, dalam pendidikan bisnis, manajemen operasi memang sudah menjadi 1 pilar yang wajib diajarkan kepada mahasiswa. Terkait dengan poin 3, maka banyak sekali para recruiters mencari lulusan perguruan tinggi yang sudah memiliki cukup pengetahuan seputar manajemen operasi.

Data menunjukkan bahwa bidang operasi memakan porsi 60-80% dari biaya langsung yang tentu saja akan membebani profit [Chase et al.,2009]. Lagipula sejak lama salah seorang manajemen guru, Juran,memperkenalkan konsep hidden factory yang menyatakan bahwa lebih dari 30% aktivitas di banyak pabrik pada dasarnya adalah pemborosan. Nah bukankah hal ini merupakan peluang untuk melakukan perbaikan di perusahaan atau organisasi kita?

Jadi mengapa anda juga tidak mencoba belajar?

Related Blogs

Series NavigationRuang Lingkup Manajemen Operasi

5 thoughts on “Mengapa kita perlu belajar Manajemen Operasi?

  1. manajemen operasi dinilai sangat penting ketika, sebuah pabrik atau di segala instansi ingin memperbaiki flow proces dari waktu ke waktu….
    thk’s for this important information pa mursyid :smile: ,,,,

Leave a Reply