Riset tentang Strategi Manajemen Operasi

This entry is part 2 of 2 in the series strategi operasi


Ada beberapa hasil riset yang dilakukan oleh The Strategic Planning Institute terkait dengan strategi manajemen operasi yang dipilih oleh sekitar 3000 organisasi. Riset yang dilakukan ini berada dalam projek yang bernama PIMS – Profit Impact of Market Strategy. Melalui projek ini dapat diidentifikasi beberapa karakteristik perusahaan-perusahaan dengan ROI (return of investment) yang tinggi. Karakteristik tersebut adalah:
1. Kualitas produk yang tinggi
2. Utilisasi kapasitas yang tinggi
3. Efisiensi operasi yang tinggi
4. Intensitas investasi yang rendah
5. Biaya langsung per unit yang rendah

Jika kita lihat karakteristik tersebut, manajemen operasi sangat berperan dalam pencapaian kelima-limanya. Konsep IPO dengan target better, faster, dan cheaper dapat dijadikan dasar untuk melakukan perbaikan berkelanjutan dengan indikator keberhasilan kelima karakteristik tersebut. Kesimpulan ini diperkuat lagi dengan hasil riset lain yang mengindikasikan peran manajemen operasi yang sangat dominan dalam strategi bersaing. Dari 248 bisnis, ketika diminta untuk mengevaluasi 32 kategori aspek untuk mencapai keunggulan bersaing, porsi terbesar jatuh pada kategori manajemen operasi, yaitu sebesar 28%. Bahkan jika aspek kualitas dapat kita anggap sebagai bagian dari atau terkait dengan manajemen operasi, total kontribusinya menjadi 44%.

Melihat potensi ini maka perusahaan sudah sepantasnya mulai memperhatikan manajemen operasi. Bukankah setiap perusahaan ingin menjadi perusahaan yang memiliki ROI yang tinggi dan memenangkan persaingan?

Series NavigationMeraih Keunggulan Bersaing dengan manajemen operasi

3 thoughts on “Riset tentang Strategi Manajemen Operasi

  1. Bapak Mursyid yth. Ass. wr. Wb, Saya staf pengajar di FEUJ Jurusan Manajemen Konsentrasi MO. Saya merasa risau karena di konsentrasi ini perkembangan minat tidak terlalu menggembirakan. Kira-kira menurut anda, apa penyebabnya ? Dengan mengetahui penyebab itu barangkali saya dapat mengembangkan strategi agar minat mahasiwa bertumbuh sesuai harapan saya. Atau mungkin kita-kita yang telah anda lakukan (best practise) yang bisa saya tiru ? Terima kasih banyak. Wass. wr. wb

    • Wasswrwb, salam kenal pak imam, sebenarnya di ITB pun relatif peminatnya lebih sedikit dibandingkan dengan konsentrasi finance atau marketing. Kalau penyebabnya harus kita cari tahu dengan baik, dan saya yakin situasi di ITB atau di tempat bapak berbeda. tapi kalau dari pengalaman saya, kita sebagai fasilitator atau dosen sangat berperan penting bagi tumbuh tidaknya minat mahasiswa. jika materi disampaikan dengan baik, Insya Allah mereka akan paham bahwa keahlian yang satu ini sangat dibutuhkan, di mana-mana. yang saya maksud dengan baik diantaranya: menjelaskan peran MO sendiri di berbagai bidang pekerjaan, isu MO di kehidupan keseharian kita khususnya di tempat kerja, dan bagaimana MO dapat menjadi sarana meraih competitive advantage perusahaan.

      sukses selalu pak

Leave a Reply